Minggu, 29 September 2013

Perencanaan Pembelajaran Kimia (KD,SK,Tujuan Pembelajaran KIMIA SMA kelas XI sem I)



Nama    : Richard. H. Majore
NIM       : 11 312 410
TUGAS PERENCANAAN PEMBELAJARAN KIMIA

Judul buku                   : KIMIA SMA
Kelas/semester            : XI/I
Penerbit                      : Yudhistira

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul, dan sifat-sifat senyawa
1.1 Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.
1.2 Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul.
1.3 Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dengan sifatnya
·         Memahami konfigurasi elektron dan struktur atom.
·         Dapat meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron dan hibridisasi.
·         Dapat menjelaskan gaya antarmolekul dengan sifatnya






2. Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya
2.1 Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi, reaksi eksoterm, dan reaksi endoterm
2.2 Menentukan H reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan

·         Dapat mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi, baik reaksi eksoterm, maupun reaksi endoterm.
·         Dapat menentukan H reaksi berdasarkan eksperimen, hukum Hess, dan data energi ikatan

3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri
3.1 Mendeskripsikan peristiwa laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi .
3.2 Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi, dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.3 Menjelaskan kesetimbangan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan melakukan percobaan.
3.4 Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dalam suatu reaksi kesetimbangan.
3.5 Menjelaskan penerapan prinsip kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
·         Memahami konsep laju reaksidan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
·         Memahami konsep teori tumbukan, faktor-faktor penentu laju, dan orde reaksi.
·         Dapat mendeskripsikan penerapan konsep laju reaksi dalam kehidupan sehari-hari
·         Dapat menjelaskan kesetimbangan kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
·         Dapat menentukan hubungan kuantitatif dalam suatu reaksi kesetimbangan kimia.
·         Dapat mendeskripsikan penerapan prinsip kesetimbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar