Minggu, 06 Oktober 2013

Rumusan Tujuan Pembelajaran ABCD



Rumusan Tujuan Pembelajaran ABCD
Untuk menuliskan tujuan pembelajaran, tata bahasa merupakan unsur yang perlu diperhatikan. Sebab dari tujuan pembelajaran tersebut dapat dilihat konsep atau proses berfikir seseorang dalam menuangkan ide-idenya.
Sehubungan dengan teknis penulisan tersebut, ada seorang penganjur bahwa dalam menulis tujuan pembelajaran sebaiknya dinyatakan dengan jelas, artinya tanpa diberi penjelasan tambahan apapun, pembaca (guru atau siswa) sudah dapat menangkap maksudnya.
Menurut Mager tujuan pembelajaran sebaiknya mencakup tiga elemen utama, yakni:
1.      Menyatakan apa yang seharusnya dapat dikerjakan siswa selama belajar dan kemampuan apa yang sebaiknya dikuasainya pada akhir pelajaran.
2.      Perlu dinyatakan kondisi dan hambatan yang ada pada saat mendemonstrasikan perilaku tersebut.
3.      Perlu ada petunjuk yang jelas tentang standar penampilan minimum yang dapat diterima.
Berdasarkan pada uraian dan elemen tersebut, tujuan pembelajaran sebaiknya dinyatakan dalam bentuk ABCD format, artinya:
Ø  A = Audience (petatar, siswa, mahasiswa, murid, dan sasaran didik lainnya)
Ø  B = Behaviour (perilaku yang dapat diamati sebagai hasil belajar)
Ø  C = Condition (persyaratan yang harus dipenuhi agar perilaku yang diharapkan dapat tercapai
Ø  D = Degree (tingkat penampilan yang dapat diterima)
Contoh :
Kompetensi Dasar
Tujuan
3.8        Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri.

Dengan mempelajari materi tentang kesetimbangan kimia dan melakukan study tour ke industri yang menggunakan reaksi kesetimbangan, siswa dapat dengan benar menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri

Rumusan CADB :
A: siswa
B: menganalisis faktor-faktor yang                    mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan dalam industri
C: dengan mempelajari materi tentang kesetimbangan kimia dan melakukan study tour ke industri yang mengunakan reaksi kesetimbangan
D: dapat dengan benar

3.9        Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.

Setelah mengamati suatu reaksi kesetimbangan siswa kelas XI dapat menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi secara tepat

Rumusan CABD:
A: siswa kelas XI
B: dapat menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi
C: setelah mengawali suatu reaksi kesetimbangan
D: secara tepat

3.10    Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.

Setelah mempelajari konsep asam basa dan atau pH larutan siswa kelas XI dapat menganalisis sifat larutan dengan benar

Rumusan CABD:
A: siswa kelas XI
B: dapat menganalisis sifat larutan
C: setelah mempelajari konsep asam basa dan atau pH larutan
D: dengan tepat


3.11    Menentukan konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan data hasil titrasi asam basa.

Diberikan data hasil titrasi asam basa secara mandiri siswa dapat menentukan konsentrasi asam atau basa dengan teliti dan benar

Rumusan CABD :
A: secara mandiri siswa
B: dapat menentukan konsentrasi asam atau basa
C: diberikan data hasil titrasi asam basa
D: dengan teliti dan benar

3.12    Menganalisis garam-garam yang mengalami hidrolisis.

Setelah mempelajari reaksi asam-basa Bronsted-Lowry siswa kelas XI dengan tepat dapat menganalisis garam-garam yang mengalami hidroilisis

Rumusan CADB:
A: siswa kelas XI
B: dapt menganalisis garam-garam yang mengalami hidrolisis
C: setelah mempelajari reaksi asam-basa Bronsted-Lowry
D: dengan tepat

3.13    Menganalisis peran larutan penyangga
dalam tubuh makhluk hidup.

Setelah mempelajari artikel-artikel tentang larutan penyangga dan pemanfaatannya, siswa kelas XI dengan benar dapat menganalisis peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup

Rumusan CADB:
A: siswa kelas XI
B: dapat menganalisis peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
C: setelah mempelajari artikel-artikel tentang larutan penyangga dan pemanfaatannya
D: dengan benar

3.14    Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).

Siswa kelas XI dapat memprediksi terbetuknya endapan dari suatu reaksi dengan benar setelah mengetahui prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp)

Rumusan ABDC:
A: siswa kelas XI
B: dapat memprediksi terbetuknya endapan dari suatu reaksi
C: dengan benar
D: dapat menganalisis peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup


5 komentar:

  1. Mantaff gan. Makasih atas postingannya, jadi bisa belajar lebih baik... Makasih sekali lagi gan..!! (Lanjutkan)

    BalasHapus
  2. Merit Casino Review - 2021 Established and Best Licensed
    Read our Merit 메리트 카지노 Casino review to งานออนไลน์ learn more about their banking options, games, promotions and more. Read our opinion and 메리트 카지노 주소 claim your welcome  Rating: 3.8 · ‎Review by Casino Insider

    BalasHapus